Monday 11 January 2016

Pantai Jogan Pantai Cantik yang Punya Air Terjun

Pantai Jogan
Air Terjun Pantai Jogan
Pantai Gunungkidul , kebanyakan berciri khas pantai cantik berpasir putih nan bersih dan berombak sedang . Tapi di lain tempat ada pantai yang  cantik ,yang bahkan tidak memiliki pasir seperti pantai – pantai lain . Meski begitu , pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak kalah jika dibandingkan pantai – pantai berpasir putih . Salah satu pantai cantik Gunungkidu yang tak berpasir namun menawarkan keindahan adaah Pantai Jogan .


Pantai Jogan , pantai yang mulai booming  sekitar tahun 2014 ini berada di Desa Purwodadi , Kecamatan Tepus , Gunungkidul. Letaknya di Barat Pantai Siung , untuk masuk ke Pantai Jogan sendiri satu arah dengan Pantai Siung (satu pos retribusi). Dimana ada jalan masuk ke pantai suing disitu pula ada jalan masuk ke Pantai Jogan .

Lalu jika tidak memiliki pasir putih, tidak bisa buat bersantai dong  ? , tidak bisa buat snorkeling  juga ? . Jawabannya iya , tapi pantai Jogan punya substitute dan mungkin melebihi ekspetasi  wisatawan . Pantai ini tidak punya pasir putih , tapi punya tebih karang yang bisa dibuat bersanti apalagi ada tanaman pandan yang lumayan besar-besar dan banyak pula . Jadi di sini sudah ada tempat berteduh yang alami . Tidak bisa snorkeling  , bukan berarti tidak bisa bermain air . Di Pantai Jogan jika ingin bermain air bisa (banget ) , karena pantai ini punya air terjun . Apalagi jika air surut , wisatawan bisa kebawah tebing dan mandi di air terjun sekaligus menangkap atau hanya sekedar melihat biotabiota laut penghuni pantai Jogan . Bagaimana , jarangkan ada pantai di Gunungkidul yang menawarkan keindahan serta miliki air terjun. Jadi mungkin liburan nanti Pantai ini patut menjadi salah satu destinasi  wisata anda . Oh ya , bagi yang suka meihat matahari terbit dan tenggelam , Pantai Jogan punya view  yang bagus dan pastinya sangat sayang bila dilewatkan .
 
Pantai Jogan
Pantai JOgan dari tebing sisi Timur
Untuk menuju kepantai Jogan bila dari Joga ( Ketandan ) ambila arah Piyungan atau ikuti jalan Wonosari . Ikuti Jalan Wonosari sampai daerah Playen , Ambil arah Gedung serbaguna Playen . Ikut jalan sampai ke perempatan Tegal sari , dan ambil kanan arah Tepus , Tanjungsari . Sampai di pertigaan Mulo ambi kiri aarh Tepus . Pertigaan Tepus ambil kiri arah Purwodadi , jika kekanan arah Pntai Pok Tunggal . Nanti akan menemukan pertigaan Nangun . Ambilah kanan , arah pantai Siung . Jika sudah menemukan pos retribusi pantai Siung , 400 meter lagi ada jalan coneblok  ikuti jalan itu . Sampai di tempat parkir Pantai Jogan .
Biaya Masuk dari Pos Retribusi kena Rp4000 per orang , sedangkan biaya parkir kendaraan untuk motor Rp2000 dan Rp5000 untuk mobil .



No comments:

Post a Comment