Friday 18 December 2015

Asal Usul Nama Pantai Sundak

             Pantai Sundak , sebuah pantai yang sudah terdengar gaungnya sebelum Gunungkidul menjadi primadona wisata . Pantai Sundak sendiri sudah jauh lebih lama dalam tandakutip ada , dari pada pantai Pulangsawal ( Indrayanti ) untuk urusan kunjungan wisatawan . Sebelum pantai Pulangsawal ramai seperti sekarang , Pantai Sundak malah lebih dulu dikunjungi oleh wisatawan. Tapi seiring berjalannya waktu Pantai Pulangsawal menjelma menjadi pantai dengan kunjungan terbanyak diantara pantai-pantai lain di kawasan Gunungkidul . Ini mungkin karena pembangunan yang pesat dan iklan yang gencar sehingga pantai pulangsawal cepat dikenal oleh khalayak luas . Namun kali ini Jogjawisataabadi tidak akan membahas tentang pesatnya pembangunan di pantai Pulangsawal atau eksotisnya Panta Sundak , Melainkan akan membahas tentang asal usul nama Pantai Sundak . Jika anda berdomisili di kecamatan Tepus pasti tahu bagaimana asal pemberian nama tersebut , tapi jika anda dari luar daerah pasti bertanya-tanya akan asalmuasal nama ini .


Pantai Sundak
Keindahan Pantai Sundak
                        Pada sekitar tahun 1930an , wilayah pantai Sundak masih tertutup air laut . Air laut bahkan sampai di gua , tempat parkir dan tempat masjid Sundak kini berdiri . Tapi seiring berjalannya waktu, air laut mulai menyusut dan membuat wilayah sekitar gua maupun masjid menjadi dataran baru . Dataran ini pula yang kini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berdagang maupun aktivitas lainnya . Saat musim hujan tiba peristiwa unik terjadi , air dari daratan (utara) yang menuju pantai membentuk sebuah sungai yang membelah pasir pantai antara sisi Timur dan sisi Barat . Karena peristiwa inilah akhirnya pantai ini diberi nama wedibedah ( pasir yang terbelah ) . Dalam Bahasa Jawa membelah berarti mbedah serta pasir adalah wedi .



                        Nama wedibedah kemudian dirubah , ini terjadi sekitar tahun 1976 . Peristiwa yang mendasarinya adalah perkelahian antara Anjing (dalam Bahasa jawa segawon atau lebih kasar berarti asu ) dan landak . Asu dan landak disingkat menjadi Sundak . Perkelahian ini berasal saat seorang warga Pulegundes, Sidoharjo bernama Arjosangku berburu bersama anjingnya . Saat anjing ini lapar , dia melihat seekor landak yang masuk kedalam gua . Anjing yang lapar itu lalu mengejar karena bermaksud memakan landak tersebut , namun landak itu melakukan perlawanan , sehingga perkelahianpun tak terelakkan . Perkelahian ini pun dimenangkan oleh sang anjing dengan berhasil memakan setengah tubuh dari landak tersebut . Saat keluar dari dalam gua , sang pemilik anjing merasa bingung karena bagaimana bisa anjingnya menjadi basah kuyup . Melihat peristiwa itu lalu Pak Arjosangku bersama beberapa warga masuk ke dalam gua dan menemukan sebuah mata air tawar , yang hingga saat ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari . Penemuan mata air ini sendiri menjadi berkah bagi warga karena saat itu sedang musim kering sehingga terjadi kelangkaan air.


Ituah Asal nama Pantai Sundak , semoga anda terhibur dan menambah pengetahuan anda .

No comments:

Post a Comment